22 April 2013

Webcam jodohnya Mplayer?

BismilLah.

Pagi ini rencana awal, ana ingin membuat foto dengan memanfaatkan webcam yang ada. Dan hal ini mestinya bisa dilakukan dengan mudah... apalagi dulu sudah pernah coba di komputer jadul-ku.

Lha tapi kenapa sekarang jadi error? Begitu ana pasang webcam lalu jalankan aplikasi guvcview, eh muncul pesan "Fatal:g_thread NOT supported". QuddarulLohi... ga bisa juga setelah di-akali dengan berbagai cara. Bagaimana selanjutnya?

Coba cari cara lain, supaya webcam bisa dimanfaatkan kembali. Lihat laporan system, webcam sudah dikenali, lalu driver secara otomatis dimuatkan yakni: v4l2. Nah ini artinya webcam siap di-antar-muka-kan dengan aplikasi... yang jadi masalah: dengan apa video dari webcam bisa dilihat?

Cari lagi dengan kang Google, ketemulah beberapa kata kunci aplikasi. Masya Alloh, ternyata aplikasi mplayer bisa toh digunakan untuk menampilkan keluaran webcam! Yuk, dicoba dengan perintah :
$ mplayer tv://

AlhamdulilLah, video-nya langsung kelihatan di monitor. Tinggal bagaimana nih supaya keluaran webcam bisa ditangkap, seperti foto? Ternyata mudah juga caranya... tinggal perintah :
$ mplayer tv:// -vf screenshot -vf mirror -tv width=352:height=288

Keterangan : Tekan tombol "s" untuk menangkap gambar dari webcam. Opsi "-vf mirror" diperlukan bila gambar terbalik kanan-kirinya, sedangkan opsi "-tv width=325:height=288" diperlukan bila gambar akan diperbesar/perkecil.

Demikian, sekedar catatan kecil untuk pengingat pribadi. Maklumlah sempat "panik"... maunya gunakan aplikasi guvcview tapi error. Ingin kompail ulang tapi waktunya sempit. Cuma butuh mengabadikan sesuatu tapi yang tersedia webcam. Akhirnya... webcam plus mplayer jadi solusi... :-)

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.