25 March 2018

Nasihat Rojab 1439H - Berinfaq itu Wajib

BismilLah.


Assalamu'alaykum.
Kajian QS.Al-Baqoroh 255 ba'da Shubuh 06 Rojab 1439H/ 23 Maret 2018M bersama Ust.Mastur di Masjid At-Taqwa Muhajirun sbb:
  • Bahwa Alloh Ta'ala memerintahkan kepada kita untuk berinfaq sebagian dari rizqi yang telah kita terima hingga hari Qiyamat. Perintah dalam ayat ini menegaskan bahwa bukan zakat saja yang wajib, tetapi infaq itu juga wajib.


  • Alloh perintahkan infaq tersebut di jalan kebaikan, yang  disebut sebagai sabil, bukan thoriq, walaupun sepintas artinya sama, yakni jalan. Dan Alloh akan tetap menyimpan infaq tersebut di sisi-Nya.
  • Pada hari Qiyamat tidak ada lagi jual-beli (tebusan, tawar-menawar), keakraban (sahabat karib, hubungan saudara, hubungan orangtua-anak) & syafaat (memberi manfaat). Tebusan emas seberat Bumi pun tidak bermanfaat lagi baginya.
  • Dan orang Kafir itu pasti berbuat zholim. Tidak ada yang lebih buruk daripada bertemu dengan Alloh Tabaroka wa Ta'ala di hari Qiyamat sedangkan dirinya dalam keadaan kafir.
  • Atho bin Dinar berkata, "Segala puji bagi Alloh yang telah berfirman, "Dan orang-orang kafir adalah mereka yang berbuat zholim." Dan Alloh tidak firmankan, "Dan orang-orang zholim adalah mereka yang berbuat kafir."
# Demikian ringkasan kami, semoga bermanfaat & mohon maaf atas segala kekurangan.

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.