09 June 2018

Catatan Romadhon 1439H - Cermin Usia Terbaik

BismilLah.


Assalamu'alaykum.
Ketika berbicara tentang usia, kadangkala seseorang merasa malu dengan keadaannya, ketika dibandingkan dengan orang lain yang lebih baik kondisinya (tentu atas pendapat kebanyakan manusia).

Tapi pernahkan kita membandingkan usia dan kondisi diri dengan uswatun hasanah, RosululLoh shollalLohu 'alayhi wa sallam?

Yuk kita tengok sekilas usia beliau...

- 25 tahun, beliau berdagang dan menikah dengan Khodijah binti Khuwaylid rodhiyalLohu 'anha. Pernikahan tersebut memberi beliau keturunan sebagai penyambung nasab hingga kini.

- 40 tahun, beliau diangkat sebagai utusan Alloh, yang berdakwah kepada seluruh manusia. Beliau hadapi semua aral melintang dalam menunaikan amanah mulia tersebut dan mendapatkan dukungan kuat dari keluarga beliau.

- 50 tahun, beliau ditinggal wafat istri pertama dan merasa sangat sedih atasnya. Namun kesediah itu tak berlangsung lama, seorang mukminah menolong beliau dengan tawaran kepada beliau untuk beristri kembali. Pada usia itu beliau menikah (poligini) dengan Saudah binti Zam-ah dan 'Aisyah binti Abu Bakar rodhiyalLohu 'anhuma.

- 53 tahun, beliau mendapatkan perintah Alloh Ta'ala untuk hijroh ke Yatsrib dalam rangka menyelamatkan aqidah dan sekaligus pengembangan dakwah. Hijroh ini adalah kali ke-2, setelah sebagian shohabat sebelumnya telah hijroh ke Habasyah.

- 55 tahun, perang fisik antara haq dan bathil tak terelakkan lagi. Sejak usia itulah beliau shollalLohu 'alayhi wa sallam mulai mengangkat pedang. Dan beliau memimpin 19 kali peperangan hingga wafatnya. WalLohu a'lam.

# cerminusia

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.