14 March 2019

BAQO-I Artikel ke-4 - Dimanakah Posisi Masjid Al-Aqsho?

BismilLah.

Artikel ke-4

-Kajian kali ini : "Dimanakah Masjid Al-Aqsho Berada?"

- Mengapa perlu membahas hal ini? Ya, setidaknya kita mendapatkan berita mengejutkan berupa tayangan sebuah wawancara stasiun TV Mesir atas anak-anak sekolah setingkat SLTP disana pada th.2015 lalu. Anak-anak tersebut ternyata tidak tahu banyak tentang Masjid Al-Aqsho, walaupun negeri tempat mereka tinggal sangat dekat dengan Palestina, bila dibandingkan Indonesia. Silakan saksikan disini => https://www.youtube.com/watch?v=5pEGL_lJpMw

-Kenyataan tersebut tentu menggelisahkan hati ketika muncul pertanyaan di benak kita, "Lantas bagaimana dengan pengetahuan anak-anak muslimin Indonesia hari ini tentang Masjid Al-Aqsho?"

-Ketidaktahuan tersebut bukan hanya melanda generasi anak-anak, bahkan sebagian muslimin dewasa di Inggris, berdasar wawancara lembaga Yahudi pd th.2016 lalu, yang mengungkap fakta menyedihkan. Ya, fakta bahwa banyak dari mereka tidak tahu mana yang disebut sebagai Masjid Al-Aqsho dari bangunan istimewa yang berada di kota Al-Quds itu. Silakan saksikan disini => https://www.youtube.com/watch?v=teX-vBch70E

-Maka kita perlu luruskan pengetahuan muslimin tentang hal tersebut, yang merupakan hal sangat mendasar dalam aqidah ummat Islam.

-Secara bahasa kata "Al-Aqsho" artinya "terjauh". Ternyata Masjid Al-Aqsho yang berada di kota Baytul Maqdis di negeri Palestina, tempatnya sejauh 1.232 km arah barat laut dari kota Makkah yang ada di Saudi Arabia. Itu pun bila ditarik garis lurus, sedangkan perjalanan dengan kendaraan normal jelas lebih jauh lagi karena harus berliku melewati bukit dan lembah.

-Perjalanan sejauh 1232 km akan dapat ditempuh dengan kendaraan tercepat saat itu, yakni kuda. Tapi berapa lama untuk sampai ke sana? Ya, diperkirakan memerlukan waktu 4 hari untuk sampai tujuan.

-Dan perjalanan pergi dan pulang hanya satu malam yang menakjubkan itu, telah ditempuh oleh Muhammad RosululLoh shollalLohu 'alayhi wa sallam pada saat peristiwa Isro` (sebelum mi'roj) bersama hewan buroq, kendaraan mu'jizat yang dihadirkan khusus sebagai kendaraan Nabi.

- Ada sebagian muslimin yang telah terperdaya dengan propaganda Yahudi dan Syi'ah, sehingga mereka beranggapan dan ikut menyatakan dengan tegas bahwa Masjid Al-Aqsho adalah masjid yang benar-benar jauh dari Masjid Al-Harom, bahkan jauh dari Bumi, yakni berada di Surga.

Rujukan :
20090207_Baytul-Maqdis-Lengkap hal.6
20070924_2000-The-Holy-Land-Jerusalem-and-AlAqsa-Mosque hal.3, 5, 6
20120820_From-Aelia-To-AlQuds-The-Names-Of-Islamic-Jerusalem hal.5, 9, 10
20101126_en-sheia-alaqsa hal.5

AlhamdulilLah. Jumadil Akhiroh 1440H.
Akhukum filLah, Hadi Sumarsono
Korbid.Sosialisasi Al-Aqsa Working Group

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.