23 July 2021

ADA APA DENGAN MASJID AL-AQSHO, TAHUKAH KITA !? (Seri ke-4)

BismilLah.

Yaman di peta Dunia

4). Bagaimana Sambutan Penduduk Yaman Atas Seruan Penaklukan Syam?

- Anas bin Malik rodhiyalLohu 'anhu berkata, "Aku (berangkat dari Madinah) mendatangi penduduk Yaman, dari desa ke desa, dan dari satu kabilah ke kabilah lainnya, untuk membacakan kepada mereka surat (Kholifah) Abu Bakar (rodhiyalLohu 'anhu).

- Setelah aku selesai membacakan surat tersebut, aku mengatakan, "Sesungguhnya aku adalah utusan Kholifah RosululLoh, dan utusan kaum muslimin kepada kalian. Kalian harus tahu bahwa aku meninggalkan kaum muslimin, yang mana (saat ini) tengah menyusun kekuatan perang. Tidak ada yang menahan mereka untuk berangkat selain menanti kedatangan kalian. Maka bergegaslah menuju saudara-saudara kalian."

- Setiap orang yang dibacakan surat itu dan mendengar perkataanku, memberikan tanggapan baik sekali, "Kami seluruhnya akan menyanggupinya."

- Para kabilah langsung menjawab panggilan jihad itu, bahkan ada satu kabilah yang berangkat dengan membawa anak dan istri mereka, seolah-olah penaklukan Syam (itu) pasti berhasil.

# Sumber : Buku Abu Ubaydah bin Al-Jarroh (terjemah) li Muhammad bin Muhammad Hasan Syurrob hal.130

- Memang benar adanya keutamaan penduduk Yaman, sebagaimana sabda RosululLoh shollalLohu 'alayhi wa sallam yg disitir dalam video berikut ini (silakan klik tautan yg muncul)

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.