05 November 2018

Catatan Shofar 1440H - Memohon Pertolongan Kepada Alloh

BismilLah.


Assalamu'alaykum.
Tilawah QS.Al-Baqoroh ayat 45-46 bersama Ust.Hidayaturrahman pada hari Jum'at ba'da Shubuh tgl.24 Shofar 1440H/ 02 Nop 2018M di Masjid An-Nubuwwah, Muhajirun - Lampung sbb:

- Ayat 45 menyatakan perintah Alloh Ta'ala kepada hamba-Nya, agar memohon pertolongan dengan shobar dan sholat, yakni meminta kebaikan untuk hidup saat ini dan untuk esok hari (akhirot).

- Shobar yang dimaksud dalam ayat ini ada 2 macam, yakni shobar ketika mendapatkan ujian dari-Nya, dan shobar untuk menahan diri dari larangan-Nya.

- Sholat adalah salah satu pendukung terbaik dalam menjalankan perintah-Nya, yakni untuk mencegah dari fakhsya (dosa besar, apapun itu) dan munkar (keburukan yang dikenal oleh masyarakat secara  umum).

- Dan sholat itu sangatlah berat untuk dijalankan dan menjadi beban, kecuali atas
orang-orang yang khusyu', yang akan dijelaskan oleh ayat selanjutnya.

- Ada orang yang memaknai khusyu' itu dengan "fokus", yakni pikiran yang tertuju hanya pada satu hal, tanpa diganggu oleh hal lainnya. Padahal tidak demikian, karena RosululLoh shollalLohu'alayhi wa sallam sempat memikirkan hal lain pada saat melaksanakan sholat. Diantaranya adalah kisah Khasan atau Khusain, yang menaiki punggung beliau dikala sujud, sehingga beliau memperlama sujudnya karena beliau tidak ingin cucu-nya terganggu keinginannya, sehingga cucu-nya turun dari punggung beliau.

- Ayat 46 menjelaskan siapa orang yang khusyu' itu. Yakni mereka yang menyangka bahwa dirinya akan bertemu dengan Robb, yakni mereka tahu benar (yaqin) bahwa dirinya akan dikumpulkan dan bertemu muka dengan Robb mereka pada hari dibangkitkan.

- Dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya, yakni semua urusan mereka akan kembali pada Robb dan Dia akan mengadili dengan tepat. Dengan apa yang mereka yakini itu, maka orang yang khusyu' akan mudah berada dalam ketaatan dan mudah menahan diri dari larangan.

- Orang yang khusyu' akan selalu memelihara lurusnya niyat ibadah pada saat sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan sholat.

# Demikian ringkasan kami, semoga bermanfaat & mohon maaf atas segala
kekurangan

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.