22 November 2017

Nasehat Robi'ul Awwal 1439H - Rizqi Versus Iman

BismilLah.


Assalamu'alaykum.
Tilawah QS.Ar-Ro'du 25-28 ba'da Shubuh 1 Robi'ul Awwal 1439H / 19 Nopember 2017M bersama Imamul Muslimin di Masjid At-Taqwa Cileungsi sbb:
  1. Pembahasan dalam ayat-ayat kali ini berlawanan dengan ayat-ayat sebelum nya. Bagi orang-orang yang melanggar janji Alloh, memutuskan silaturohim (dan silaturohmi), membuat kerusakan diatas bumi akan mendapatkan kutukan, termasuk kutukan manusia & malaykat.
  2. Membuat kerusakan diatas bumi, tidak saja mencakup perbuatan merusak secara fisik tetapi juga ketika manusia berbuat ma'shiyat (berzina, meminum khomr, memakan riba dsb).
  3. Tempat kembali bagi orang-orang yang disebutkan dalam ayat 25 adalah Su-ud Dar, yang ditafsirkan sebagai Jahannam. Sedangkan bagi Ulul Albab akan kembali ke 'Uqbad Dar, yang ditafsirkan sebagai Jannah.
  4. Alloh Ta'ala yang memberikan rizqi kepada manusia, dan tidak ada pengaruh Iman atas kaya atau miskin nya seseorang. Ada orang kafir yang kaya & miskin, demikian pula ada muslim yang kaya & miskin. Semua manusia berusaha memenuhi taqdir nya, termasuk urusan rizqi.
  5. Bagi orang kafir, maka kesenangan itu hanya ada di dunia, maka mereka menikmatinya. Sedangkan bagi seorang muslim, maka ia tahu bahwa dunia itu sangat sedikit perbandingannya dengan akhirot. Satu hari akhirot sama dg 1000 tahun dunia, maka alangkah singkatnya perjalanan hidup kita.
  6. Dalam ayat 27 orang-orang kafir meminta tanda mu'jizat, walau pun ketika tanda itu ditampakkan kepada mereka, orang kafir tetaplah tidak akan beriman. Bahkan badan antariksa Amerika telah menemukan bukti bahwa bulan pernah terbelah, sebagaimana apa yang diriwayatkan kepada kita bahwa RosululLoh shollalLohu 'alayhi wa sallam memiliki mu'jizat membelah bulan menjadi dua. Tetapi hal tersebut tidak menjadikan mereka pada zaman ini untuk segera beriman.
  7. Bagi orang-orang yang beriman, hati mereka tenteram dengan mengingat Alloh. Banyak istilah Arab untuk menyebut hati, tapi istilah qulub ini yang paling dalam maknanya.
Demikian ringkasan ini, semoga bermanfa'at & mhn maaf atas segala kekurangan yang ada.

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.