21 November 2017

Nasehat Shofar 1439H - Ulama Yang Buta

BismilLah.


Assalamu'alaykum.
Tilawah QS.Ar-Ro'du 19-24 ba'da Shubuh 29 Shofar 1439H / 18 Nopember 2017M bersama Imamul Muslimin di Masjid At-Taqwa Cileungsi sbb:
  • Ulul Albab adalah gelar tertinggi bagi orang yang berilmu karena inilah puncaknya. Dalam Al-Quran disebutkan berurutan : Ulama (semua orang yang berilmu), Ulin Nuha (orang yang punya catatan), Ulil Abshor (orang yang punya pandangan), Ahlu Dzikri & Ulul Albab. 
  • Berdasar ayat ke-19 maka betapa pun tinggi ilmu & gelar yang dimiliki seseorang, tetapi bila ia tidak mengakui kebenaran Al-Quran maka Alloh gelari orang tersebut sebagai BUTA.
  • Selanjutnya Alloh Ta'ala sebutkan berurutan 9 tanda Ulul Albab, yakni :
  1. Berusaha memenuhi janjinya terhadap Alloh Subhanahu wa Ta'ala.
  2. Tidak melanggar perjanjian atas manusia
  3. Menjalin silaturohim (antar muslim & antar manusia), juga menjalin silaturohmi (antar saudara sekandung atau se-Ibu).
  4. Takut kepada Alloh, menggunakan kata yakhsya, yakni bermakna takut karena rasa hormat / meng-agung-kan Dzat yang dituju.
  5. Takut kepada hisab yg buruk, menggunakan kata yakhofu, yakni bermakna takut karena ancaman
  6. Shobar karena mengharap wajah Alloh Ta'ala. Diantaranya : semasa manusia lain berlomba berdagang hingga tinggalkan sholat Shubuh, maka Ulul Albab justru menyengaja dirinya menunggu sholat Shubuh.
  7. Mendirikan sholat.
  8. Menginfaqkan harta.
  9. Menggantikan kebaikan atas keburukan.
  • Alloh janjikan Jannatu 'Adnin bagi Ulul Albab, yang masuk ke dalamnya bersama keluarga besar-nya (asalkan mereka semua adalah orang yang sholih). Alangkah nikmatnya masuk Jannah bersama dengan orang-orang yang dicintai.
  • Ucapan di dalam Jannah adalah Salam, yang diucapkan oleh para malaykat kepada penduduk Jannah. Maka marilah kita sebarkan salam karena itulah Sunnah Nabi & ucapan Ahli Jannah.
Demikian ringkasan kami, semoga bermanfaat dan mhn maaf atas segala kekurangan.

No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar/pesan dg kalimat santun, sederhana dan jelas.